Selasa, 25 Oktober 2011

Daftar Makanan Sehat



Seperti halnya beribadah ternyata makanan (Food) juga merupakan hal yang sangat diperlukan oleh manusia untuk dapat menjalani hidup sehat di dunia ini. Bayangkan saja jika manusia tidak mendapatkan makanan, pasti tidak akan ada kehidupan di dunia ini. Makan harus dilakukan setiap hari dan idealnya dilakukan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang dan menjelang malam.

Makanan yang baik adalah makanan yang menyehatkan bagi tubuh manusia, dimana makanan itu memiliki nilai gizi tinggi dan mudah dicerna oleh pencernaan manusia. Makanan yang bergizi tinggi banyak terdapat pada daging, sayuran dan buah-buahan. Nah, disini akan di bahas mengenai makanan yang layak dan dapat dipilih untuk melengkapi menu masakan harian untuk mendapatkan tubuh yang prima dan kesehatan optimal.

1. Lemon. Lemon dikatakan juga sehat dan bermanfaat sekali bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki vitamin C yang tinggi bahkan 100% kebutuhan manusia akan vitamin C dapat dipenuhi oleh buah lemon. Vitamin C ini dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan memperkuat tulang yang keropos. Nah, jika Anda penggemar teh, maka tambahkanlah sedikit potongan lemon itu karena mampu menaikkan antioksidan dalam kandungan teh.

2. Kentang Merah. Jenis umbian ini dinilai sangat baik bagi tubuh manusia karena memiliki 66 mikrogram folat pembentuk sel yang kandungannya sama pada 30 gram bayam dan 91 gram brokoli. Sebenarnya dengan memakan kentang ini kebutuhan tubuh akan vitamin A telah dipenuhi. Dan ini baik sekali untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Avocad. Hmmm… Avocad atau lebih dikenal dengan sebutan Alpukat. Buah berwarna hijau kekuningan ini memang favorit saya, hihii… malah curhat (maaf). Alpukat ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia hal ini dikarenakan serat yang dimiliki alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol manusia (hihihi… biar kagak gemuk). Karena dapat menurunkan kadar lemak, maka tentu saja akan dapat mengurangi dan menekan resiko penyakit jantung. So, beli alpukat ya, lalu kirim ke rumah. ^_^

4. Brokoli. Anda tahukan apa itu brokoli? Ya, sayuran yang seperti bungakol ini memiliki banyak vitamin K. Vitamin K sendiri sangat diperlukan tubuh untuk pembentukan tulang manusia. Ternyata pertahanannya pun kuat, vitamin K ini dapat berfungsi sebagai tameng dari serangan kanker. Waaaaah… pantes aja ya bentuknya kayak tameng jika dilihat dari atas. Hihi….

5. Coklat Hitam. Namanya sih sedikit aneh, katanya coklat tapi hitam, hmmm. Tapi jangan salah coklat hitam ini bermanfaat bagi manusia, karena menurut penelitian para ahli, hanya dengan memakan 7 gram saja setiap harinya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pantesan banyak di cari ya.

6. Kenari. Apa ya kenari itu, bukannya itu nama burung? Hmm… oh nama kacang ternyata, ya kacang kenari adalah kacang yang dapat menurunkan kolesterol dan memiliki Omega-3 yang disepakati oleh para ahli sebagai peningkat mood dan pelawan kanker.

7. Bawang Putih. Hmmm… Ko bawang putih ya, kenapa tidak bawang merah? Ohhh… ternyata bawang putih ini memiliki kelebihan yakni mampu menekan pertumbuhan bakteri bahkan membunuh dan membasmi tuntas bakteri. Coba saja anda buktikan jika anda mengalami yang namanya bisul, segeralah anda potong bawang putih lalu oleskan beberapa kali, maka bisul itu akan segera hilang, hihihi… Selain itu berfungsi pula sebagai zat peradangan, penurun kolesterol dan juga menurunkan tekanan darah.

8. Salmon. Ikan salmon ternyata dapat hidup di air tawar dan air laut (Air tawar untuk bertelur & Air asin atau laut untuk pertumbuhannya). Pantesan saja ikan ini mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki dan kaya akan Omega-3 yang berkhasiat menurunkan resiko depresi, penyakit jantung dan kanker. Dengan memakan ikan salmon maka anda dapat terlindungi dari masalah dan penyakit orang lansia, yakni pikun. Ikan salmon yang baik adalah ikan salmon liar yang hidup bebas di alam bukan yang dibudidayakan. Karena menangkap di alam maka harganyapun pasti mahal, mengingat menangkap ikan ini sama saja dengan kejar-kejaran dengan beruang, hahaha…. Liat saja di TV jika acaranya ikan salmon pasti disana ada beruang yang juga sama menangkap ikan salmon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar